Klasifikasi dan Morfologi Ikan Todak (Ikan Pedang)

Ikan todak (Xiphias gladius), juga dikenal sebagai ikan pedang, ikan predator yang ditandai dengan paruh panjang dan lurus seperti pedang.

Mereka adalah ikan olahraga populer dari kategori billfish, meskipun sulit dipahami. Ikan todak memanjang, berbadan bundar, dan semua gigi dan sisik akan menghilang ketika mereka beranjak dewasa.

Ikan ini ditemukan secara luas di daerah samudra Pasifik, Samudra Hindia dan Atlantik dan biasanya dapat ditemukan dari dekat permukaan hingga kedalaman 550 m.

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Todak (Ikan Pedang)

Klasifikasi Ikan Todak / Pedang

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Istiophoriformes
Famili : Xiphiidae 
Genus : Xiphias 
Spesies : X. gladius
Nama Binomial :
Xiphias gladius 
Linnaeus, 1758


Morfologi Ikan Todak / Pedang

Mereka umumnya berukuran 3 m, dan panjang maksimum yang dilaporkan adalah 4.55 m dengan berat 650 kg.

Betina berukuran lebih besar dari jantan, dan ikan todak Pasifik memiliki ukuran lebih besar dari Atlantik dan ikan todak Mediterania.

Mereka mencapai kematangan pada usia 4-5 tahun dan usia maksimum diyakini setidaknya 9 tahun. Ikan todak tertua yang ditemukan dalam penelitian baru adalah jantan berusia 16 tahun dan 12 tahun.

Ikan todak adalah hewan ektotermik ;  Namun, bersama dengan beberapa spesies hiu, mereka memiliki organ khusus di sebelah mata mereka untuk memanaskan mata dan otak mereka.

Mereka hidup dikisaran suhu 10 hingga 15° C (18 hingga 27° F).

Pemanasan mata sangat meningkatkan penglihatan mereka, dan akibatnya meningkatkan kemampuan mereka untuk menangkap mangsa.

Dari 25.000 spesies ikan, hanya 22 yang diketahui memiliki mekanisme untuk menghemat panas. Ini termasuk ikan pedang, marlin, tuna, dan beberapa spesies hiu.

Ikan todak dewasa mencari makan yang berupa ikan-ikan pelagis seperti tuna kecil, lemadang, barakuda, dan ikan terbang, makarel, dan juga spesies bentik seperti hake dan rockfish.

Jika ada, cumi-cumi juga mangsa yang penting. Ikan todak dewasa dianggap memiliki sedikit pemangsa, sedangkan ikan todak muda sangat rentan dimangsa oleh ikan pelagis besar.

Related Posts

WikiTinggi.xyz adalah sebuah website ensiklopedia yang membahas tentang pelbagai hal.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Klasifikasi dan Morfologi Ikan Todak (Ikan Pedang)"

    Catat Ulasan

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel